FjRAR Official Blog!

Rabu, 07 Januari 2015

FLOW CONTROL

20.06 Posted by Unknown , No comments
FLOW CONTROL (IF SWITCH)
Flow control memungkinkan program menentukan kode mana yang akan dijalankan berdasarkan kondisi-kondisi tertentu.
Sebelum melangkah lebih jauh lagi, ada istilah-istilah yang perlu dipahami sehubungan dengan flow control ini, yaitu kondisi dan aksi.
Kondisi adalah bagian dari flow control yang menentukan bagian mana yang akan dijalankan selanjutnya. Sedangkan aksi adalah merupakan satu atau sekumpulan perintah yang akan dijalankan bila kondisinya terpenuhi.
IF
Statemen IF biasanya digunakan untuk kodisi jawaban yang memerlukan satu / beberapa pilihan. Kode program akan dieksekusi jika kondisi tertentu terpenuhi. Jika tidak maka tidak akan tereksekusi / error.
Dalam semua bahasa pemrograman logikanya adalah sebagai berikut :
- Kondisi Tunggal
Misalkan ,Jikalau ,Andaikata ,Apabila ,IF (kondisi)
{ *Statemen / Perintah*}
Selesai Jika End If
- Kondisi Ganda
Misalkan Jikalau Andaikata Apabila IF (kondisi)
{ *Statemen / Perintah*}
Selain else
{ *Statemen / Perintah 2*}
Selesai Jika End If
- Kondisi Majemuk
Misalkan Jikalau Andaikata Apabila IF (kondisi)
{ *Statemen / Perintah*}
Selain Jika Else If (kondisi 2)
{ *Statemen / Perintah 2*}.
Selain Jika Else If (kondisi x)
{ *Statemen / Perintah x*}
Selain Else
{ *Statemen / Perintah Salah!*}
Selesai Jika End If
- Kondisi If Tersarang
Misalkan Jikalau Andaikata Apabila IF (kondisi)
{ Misalkan Jikalau Andaikata Apabila IF (kondisi)
{ *Statemen / Perintah*}
Selain else
{ *Statemen / Perintah 2*}
}
Selain else
{ *Statemen / Perintah 3*}
Selesai Jika End If
SWITCH
Statemen switch lebih dikhususkan pada kondisi majemuk dengan beberapa persyaratan, seperti tidak bisa digunakan untuk kondisi yang mempunyai nilai rentang dan kondisi dengan nilai pecahan.
Bentuk alur logika switch adalah sebagai berikut :

switch  <variabel>
{
case <nilai 1> :
{ *Statemen / Perintah 1* }
case  <nilai 2> :
{ *Statemen / Perintah 2* }.
case  <nilai x> :
{ *Statemen / Perintah x* }
Default :
{ *Statemen / Perintah Salah!* }
}

0 komentar:

Posting Komentar